E-MAIL UNTUK
KEPERLUAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. PENGERTIAN E-MAIL
E-mail singkatan
dari electronic mail (surat
elektronik) yaitu fasilitas komunikasi dalam internet untuk mengirim surat
secara elektronik yang dapat menjangkau seluruh dunia.
Email
terdiri dari dua jenis yaitu:
1. E-mail berbasis Web
2. E-mail berbasis POP (post office Email).
E-mail dikirim kepada penerima pesan melewati computer yang ada di ISP,
lalu menuju internet dan baru kemudian menuju ke computer penerima e-mail.
E-mail merupakan cara baru dalam mengirimkan informasi yang memengaruhi orang
dalam berkirim surat. Keunggulan e-mail tidak hanya dalam kecepatan, tetapi
juga menghemat biaya. Sebenarnya, e-mail ti8dak bias menggungguli tata cara
surat-menyurat konvensional, terutama yang membutuhkan stempel dan tanda
tangan. Namun, e-mail tetap dijadikan alternative dalam surat-menyurat.
E-mail terdiri atas dua jenis yaitu
e-mail berbasis web dan e-mail berbasis POP (Post Office Protocol). E-mail
berbasis web adalah fasilitas e-mail yang hanya dapat diakses dengan
membuka halaman web. Anda dapat membuka e-mail yang masuk dan mengirimkan
e-mail stelah login ke halaman web e-mail tersebut. Sedangkan, e-mail berbasis POP adalah fasilitas
e-mail tanpa harus masuk ke halaman web. Anda dapat membuka e-mail yang masuk
dan mengirimnya dengan menggunakan program khusus yang disebut e-mail client. Anda juga dapat membaca
e-mail POP ini secara offline (tanpa terhubung dengan internet).
PERBEDAAN ANTARA WEB
MAIL DAN POP MAIL
WEB MAIL
|
POP MAIL
|
Harus diakses melalui web
|
Diakses menggunakan Outlook
|
Dapat dibaca secara on-line atau off line
|
Hanya dapat dibaca secara off line
|
Dapat diakses dimana saja, baik di warnet, di rumah atau di kantor
|
Hanya dapat diakses dari computer tertentu
|
Dapat digunakan secara gratis atau bayar
|
Harus mempunyai account
|
Memerlukan web browser
|
Tidak memerlukan web browser
|
Kapasitas penyimpanan terbatas sesuai layanan dari web
browser
|
Ruang penyimpanan relatif tidak terbatas
|
B. FUNGSI E-MAIL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI
Salah satu fasilitas komunikasi
dengan internet yang sangat popular dan banyak digunakan oleh seluruh pengguna
internet di pelosok dunia adalahe-mail. Fasilitas e-mail sangat ekonomis karena
cukup banyak situs web penyediaan layanan e-mail gratis, antara lain www.yahoo.com, www.plasa.com, www.hotmail.com, dan www.gmail.com. Dengan demikian, bukanlah hal yang asing, khususnya bagi pelajar,
untuk mengenal layanan-layanan tersebut.
Layaknya sebuah surat, yang saat
dikirim harus mempunyai alamat yang jelas agar sampai ke tujuan, demikian juga
dengan e-mail. Dengan membuat e-mail, berarti kita sekaligus membuat e-mail
kita, misalnya haniasmadyah@gmail.com. Untuk memudahkan dalam identifikasi, alamat e-mail dibagi atas tiga
bagian, yaitu:
1. Identifikasi pengguna tersebut juga dengan user ID atau user account.
2. Tanda @, dibaca at, yang berarti berlokasi di.
3. Nama domain, yaitu nama domain tempat pengguna memperoleh e-mail
tersebut, misalnya yahoo.com, Hotmail.com.
Sebagai contoh adalah e-mail haniasmadyah@gmail.com. baca e-mail haniasmadyah berlokasi di gmail.com (haniasmadyah@gmail.com). Identitas e-mail adalah haniasmadyah, server domainnya gmail.com,
dapat juga dibaca haniasmadyah di server gmail.com.
Fungsi e-mail sebagai alat komunikasi adalah sebagai berikut.
1. Surat-menyurat elektronik.
2. Sebagai sarana komunikasi diskusi (groups).
3. Sebagai sarana komunikasi chat.
C. KEUNGGULAN, KELEMAHAN, DAN ETIKA DALAM E-MAIL
E-mail memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat konvensional yang
menggunakan kertas. Keunggulan e-mail sebagai alat komunikasi melalui media
elektronik memiliki keunikan sendiri, yaitu dari kecepatan transfer data dan
kemampuannya untuk melakukan broadcast (pengiriman). Sedangkan, kelemahan pada
e-mail adalah adakalanya informasi yang ada di dalam e-mail perlu dikonfirmasi
ulang kepada dan pengiriman, terutama untuk surat yang sifatnya yang penting
dajn tidak ada kaitan dengan isi e-mail. E-mail juga tidak senyaman melakukan
percakapan melalui telepon. Pada e-mail dapat tercermin sifat atau emosi
seseorang, misalnya penulisan tanda baca, penulisan huruf besar dan kecil,
serta warna huruf yang membuat pembacanya menafsirkan lain. Dalam e-mail,
sebuah kalimat pendek dapat dibaca dengan intonasi yang berbeda, misalnya
lambang J berarti tersenyum dan L berarti bersedih.
Etika dan moral dalam teknologi informasi dan komunikasi perlu mendapat
perhatian, termasuk dalam komunikasi e-mail. Tidak jaran terjadi hal yang cukup
mengganggu dalam berkomunikasi dengan e-mail kemungkinan besar tidak mengenal
emosi pengirim e-mail. Ada beberapa etika yang dapat digunakan dalam membuat
e-mail. Ada beberapa etika yang digunakan dalam membuat e-mail, yaitu:
1. Gunakan subjek e-mail dengan singkat dan menggambarkan isi-email.
2. Hinfari penggunaan huruf besar yang berlebihan. Pengguna huruf besar
cenderung menggambarkan tekanan rasa marah, emosi, dan mengejek penerima
e-mail. Gunakan huruf besar untuk penekanan yang tidak baik.
3. Hindari kesalahan ketik serta struktur kalimat yang tidak baik.
4. Minta persetujuan kepada penerima e-mail jika Anda ingin mengirim
attachment (lampiran) berukuran besar. Jika penerima e-mail memiliki kapasitas
memori e-mail kecil dengan akses internet lambat, hal tersebut dapat menghambat
masuk e-mail lain.
D. PENDAFTARAN E-MAIL
Keunggulan dan fasilitas yang
dimiliki e-mail yang mengakibatkan orang, perusahaan, dan instansi telah
mengubah gaya dan etika dalam surat-menyurat. Dengan e-mail, pesan yang dikirim
akan langsung sampai pada tujuannya hanya beberapa saat. Dengan e-mail, tidak
ada pembatasan penerimaan dan penyortiran oleh sekretaris. Semua e-mail, akan
langsung sampai pada alamat e-mail tujuan. Ada beberapa situs yang memberi jasa
layanan e-mail, baik secara gratis maupun dengan biaya tertentu.
A. Memperoleh layanan e-mail
Untuk memperoleh layanan e-mail, ada beberapa cara mendaftarkan yang
dilakukan.
1. Melalui penyedia e-mail gratis
Banyak layanan e-mail gratis yang dapat anda temukan.
Masing-masing layanan memiliki keunggulan dalam hal fasilitas. E-mail gratis
biasanya diikuti oleh promosi produk dari perusahaan tertentu, tetapi hal
tersebut tidak menjadi masalah bagi Anda yang akan menggunakan layanan e-mail
ini. Layanan e-mail gratis merupakan cara mudah untuk memiliki e-mail. Anda
dapat mengunjungi situs web penyedia layanan e-mail dan kemudian mendaftar.
Untuk mendapatkan layanan e-mail gratis tersebut dengan cara mengisi data
pribadi Anda. Bebrapa layanan e-mail gratis yang popular antara lain:
1. Yahoo, yang beralamat di mail.yahoo.com
2. Hotmail, yang beralamat di Hotmail.com
3. Plasa, yang beralamat di plasa.com
4. Telkom, yang beralamat di Telkom.net
5. Gmail, yang beralamat di gmail.google.com
2. Melalui undangan
Bagi anda yang sering
menggunakan internet dan mengguhnakan e-mail, suatu saat mungkin pernah
pendapatkan undangan untuk layanan e-mail. Ini bias saja terjadi jika salah
seorang teman Anda telah memiliki akun untuk pada penyedia layanan e-mail
tersebut. Pendaftaran e-mail melalui undangan ini tidak dapat dilakukan dengan
sendiri. Hanya yang mendapatkan undangan yang dapat melakukan pendaftaran
Contohnya, layanan e-mail gmail.mail.com dari Google. Namun, saat ini gmail
sudah terbuka untuk umum. Pada layanan e-mail ini tidak dikenakan biaya.
3. Melalui ISP
Layanan e-mail ini
disediakan oleh ISP yang Anda gunakan. ISP akan memberikan e-mail sebagai
fasilitas untuk berkomunikasi antara ISP dengan pelanggan. ISP dengan mudah
akan dapat memberi informasi-informasi menyangkut tagihan dan informasi lainnya
untuk pelanggan. Contohnya, ISP
Telkom.net memberikan layanan e-mail kepada pelanggannya yang menggunakan layanan Telkomnet Instan.
Telkom.net memberikan layanan e-mail kepada pelanggannya yang menggunakan layanan Telkomnet Instan.
4. Dari lembaga atau perusahaan
Layanan e-mail ini lebih
bersifat kedinasan. Beberapa perusahaan, instansi, dan lembaga pendidikan,
seperti sekolah dan universitas, sudah memanfaatkan layanan e-mail ini.
Pendaftaran pada e-mail ini biasanya dibatasi untuk kelompok atau anggota
organisasi mereka
Dengan membeli (menyewa)
Pada layanan e-mail ini,
Anda akan membayar pengguna e-mail untuk jangka waktu tertentu. Kelebihan dalam
e-mail ini adalah kapasitas ruang penyimpanan data yang besar, misalnya 40 GB,
sehingga untuk informasi atau data berukuran besar dapat diterima atau dikirim
dengan baik.
B. Memilih layanan e-mail
Banyak sekali layanan e-mail yang dapat Anda pilih, dari
yang gratis sampai yang berbayar. Untuk memilih layanan e-mail, sebaiknya
perhatikan beberapa factor berikut.
1. Kredibilitas domain
Dalam pemilihan layanan e-mail. Anda dapat mempertimbangkan
kredibilitas penyediaan e-mail. Factor ini biasanya dapat dilihat dari asal
domain servernya. Nama domain suatu layanan e-mail dengan domain yang
menurunkan kredibilitas, misalnya user@cracker.com.
2. Stabilitas layanan
Stabilitas perlu mendapatkan perhatian, jangan sampai
ketika Anda telah memiliki e-mail dan disebarkan kepada teman-teman, beberapa
waktu kemudian e-mail tersebut telah ditutup. Stabilitas layanan e-mail yang
baik adalah yang memiliki umur panjang, perusahaan kuat, akses cepat, dan
memiliki layanan professional. Banyak perusahaan yang memberikan stabilitas
layanan e-mail yang memuaskan, seperti yahoo.com, gmai8l.com, dan Hotmail.com.
3. Kapasitas penyimpanan data
E-mail merupakan salah satu dokumen pentingsehingga
disimpan dalam server penyedia layanan e-mail. Semakin banyak e-mail yang
diterima maka semakin banyak pula kapasitas ruang yang harus disediakan.
Ketidakhati-hatian dalam memilih kapasitas yang disediakan oleh layanan e-mail
dapat membuat surat-surat penting yang akan diterima hilang karena tidak
cukupnya kapasitas pada server. Untuk menghadapi hal ini, Anda harus sering
memonitor kapasitas yang masih tersedia dan menghapus e-mail yang sudah tidak
dibutuhkan lagi. Beberapa layanan e-mail yang memberikan kapasitas ruang
penyimpanan cukup besar, antara lain:
·
Mail.yahoo.com dengan kapasitas tidak
terbatas.
·
Hotmail.com dengan kapasitas 5 GB untuk
Amerika Serikat, Kanada, Dan Inggris, serta 2 GB untuk Negara lain.
·
Plasa.com dengan kapasitas 10 MB.
·
Gmail.com dengan kapasitas tidaK terbatas.
·
Telkom.net dengan kapasitas 10 MB.
4. Waktu aktif akun
Waktu aktif akun dari masing-masing layanan e-mail dapat
berbeda, sesuai kebijakan penyedia layanan e-mail tersebut. Apabila Anda telah
mendapatkan e-mail, maka harus diperhatikan waktu aktif akunnya. Apabila Anda
tidak membuka e-mail dalam sekian waktu tertentu, maka e-mail Anda akan
dinonaktifkan. Beberapa layanan e-mail yang memberikan waktu aktif akun adalah
sebagai berikut.
· Yahoo, waktu aktif 3 bulan.
· Hotmail, waktu aktif 30 hari.
· Plasa, waktu aktif 3 bulan.
Untuk itu, berhati-hatilah terhadap e-mail yang telah
Anda miliki. Buka e-mail Anda secara berkala sebelum batas waktu aktif akunnya
habis sehingga Anda tidak akan kehilangan surat-surat penting.
5. Fasilitas layanan
Selain memberikan
layanan komunikasi dengan e-mail, bebrapa layanan tambahan dapat diperoleh,
yaitu chat, groups, dan hosting dengan loging ke e-mail. Pada layanan plasa,
Anda dapat mengetahui informasi tagihan telepon. IM2 dari indosat memungkinkan
Anda untuk mendapatkan hosting gratis dengan kapasitas 5 MB. Yahoo memberi
fasilitas layanan tambahan, seperti Yahoo Messenger, Yahoogroups, dan Hosting
geocities.
6. Iklan
Layanan e-mail gratis
biasanya menampilkan iklan, yang merupakan risiko dari pengguna e-mail gratis
ini. Iklan dapat ditampilkan pada halaman web e-mail dan disisipkan melalui e-mail
yang kita terima.
7. Kemampuan akses POP
Selain akses e-mail
melalui situs web penyedia layanan e-mail, e-mail dapat diaksesw dan disimpan
langsung dikomputer seingga kita dapat membuka saat offline (tidak terkoneksi
dengan internet). Fasilitas ini disebut layanan POP (Past Office Protocol). Anda dapat menggunakan program khusus yang
telah diinstal dalam computer, yaitu program Microsoft Outlook. Tidak semua
penyedia e-mail gratis memiliki layanan POIP. Contohnya, Yahoo yang hanya
memberi fasilitas ini untuk pelanggan yang membayar layanan. CBN memberi
layanan ini bagi pengguna jasa internetnya.
C.
Melakukan
pendaftaran e-mail
Setelah mengetahui cara memperoleh layanan e-mail, faktor
dalam memilih layanan e-mail, kini kita dapat membuat e-mail baru pada salah
satu situs yang memberi layanan e-mail. Kita akan melakukan pendaftaran e-mail
pada situs mail.yahoo.com. layanan e-mail dari Yahoo banyak digunakan karena
memiliki fasilitas-fasilitas layanan yang diperlukan dalam chatting dan mailing
list yang menggunakan Yahoo ID. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat
e-mail baru pada Yahoo! Mail.
·
Aktifkan situs web pada alamat http://mail.yahoo.com. Tunggu beberapa saat, maka akan ditampilkan halaman web
mail.yahoo.com.
·
Klik tombol Create New Account, maka akan
tampil halaman Yahoo! Registrasion.
·
Isi identitas diperlukan dalam halaman Yahoo!
Registration. Berikut langkah-langkah pengisiannya.
o Isi nama lengkap Anda pada kota isian First Name ddan Last Name.
o Pilih jenis kelamin pada kotak pilihan Gender.
o Isi tanggal, bulan dan tahun lahir pada kotak isian Birthday.
o Isi nama Negara Anda, pada kotak pilihan Country.
o Isi nama ID dan nama domain yang Anda inginkan pada kotak isian dan
pilihan Yahoo! ID and Email. Nama domain yang disediakan pada kotak isian dan
pilihan adalah yahoo.com, ymail.com, dan rocketmail.com. untuk mengetahui
apakah Yahoo ID masih tersedia, klik Check availability of this ID.
o Isi kata sandi Anda pada kotak isian Password da nisi kembali sandi yang
sama pada kotak isian Re-type Password.
o Isi e-mail alternative Anda selain e-mail Yahoo jika Anda memilikinya.
o Pilihlah daftar pertanyaan keamanan pada kotak pilihan Security Question
da nisi jawabannya pada kotak Your Answer. Bagian If You Forget Your Password
adalah sebagai alat bantu jika Anda lupa kata sandi e-mail Anda tersebut.
o Isi kode verifikasih pada kotak isian Type the code shown dengan kode
yang terlihat pada gambar.
o Klik kreatif My Account.
o Jika pengisian yang Anda lakukan benar, maka akan muncul kotak
konfirmasi Registrasion Complete. Klik tombol Countinue to Yahoo! Mail untuk
masuk ke Yahoo! Mail.
o Pada halaman Yahoo! Mail, Anda akan menerima sebuah surat baru dari
Yahoo! Mail.
E. MENGIRIM DAN MEMBACA E-MAIL
untuk dapat menggunakan e-mail, kita
diharuskan masuk ke akun kita (login)
terlebih dahulu. Setelah login, kita dapat melakukan aktivitas surat-menyurat,
seperti mengirim e-mail, mengirim e-mail, dan membaca e-mail. setelah selesai
melakukan aktivitas tersebut, jangan lupa untuk keluar dengan prosedur yang
benar, yaitu dengan logout dari web e-mail. istilah masuk dan keluar dalam
e-mail berbeda-beda, misalnya pada Yahoo! Menggunakan Sign In dan Sign Out.
A. Melakukan login dan logout
Berikut ini yang lazim ditempuh untuk masuk dan keluar dari akun e-mail
mail.yahoo.com.
1.
Login
Berikut ini langkah untuk login web mail.yahoo.com.
·
Pada kotak Yahoo! ID, isi nama user ID Anda.
·
Pada kota Password, isi kata sandi e-mail
Anda. Huruf atau angka yang diketik pada kotak dialog password tidak akan
tampak, yang tampak hanya symbol bullet.
·
Very tanda centang pada kotak Keep me signed
in jika Anda menginginkan untuk merekam ID pada computer yang digunakan.
·
Klik Sign In. Tunggu beberapa saat, maka akan
ditampilkan halaman web dari akun Yahoo! Mail, seperti tampak pada gambar berikut.
2.
Logout
Keluar dari akun e-mail sesuai prosedur hal yang sangat
penting jangan meninggalkan halaman akun e-mail tanpa melakukan perintah
keluar(logout) dengan benar. Jika
Anda meninggalkan halaman akun e-mail dengan status login aktif, orang lain akan
dapat membuka surat-surat dalam e-mail Anda. Berikut ini langkah untuk
melakukan logout dari mail.yahoo.com.
·
Klik Sign Out.
·
Tunggu beberapa saat gingga halaman akun
e-mail tertutup, maka akan ditampilkan halaman utama yahoo.com.
B. Mengirim e-mail
1.
Penggunaan
alamat tujuan dan subjek e-mail
Untuk dapat mengirim e-mail kepada orang lain, Anda harus
mengetahui alamat e-mail yang bersangkutan. Penulisan alamat e-mail terdiri
dari tiga bagian, yaitu nama ID, @, dan nama domain, misalnya nidzar_baihaqi@yahoo.com. Kesalahan penulisan e-mail akan mengakibatkan pengiriman e-mail gagal
atau terkirim ke alamat yang salah. Selain alamat e-mail penerima surat, hal
yang perlu diperhatikan adalah subjek e-mail. subjek e-mail atau judul e-mail
harus dapat mewakili isi e-mail. subjek dari e-mail harus jelas dan tidak perlu
lengkap, cukup dengan beberapa kata yang esensial sehingga dapat menggambarkan
isi e-mail yang Anda kirimkan. Pada subjek e-mail untuk pesan yang bersifat
segera, sebaikinya diawai oleh kata URGENT, misalnya URGENT: Rapat OSIS. Jika
e-mail yang dikirmkan membutuhkan suatu informasi, pada subjek diawali dengan
kata INFORMASI, misalnya INFORMASI: Pendaftaran Siswa Baru.
Selain penggunaan alamat tujuan dan subjek yang tepat,
isi e-mail harus langsung pada pokok masalah. Orang akan lebih sulit untuk
membaca lama di depan layar monitor. Selain itu, resolusi layar monitor pun
belum tentu sebagus hasil cetakan printer pada kertas. E-mail yang terlalu panjang
dengan informasi selengkap mungkin belum tentu baik. Anda harus dapat
menyisiati agar e-mail yang dikirimkan cukup pendek, tetapi dapat menyampaikan
informasi secara jelas.
2.
Pengiriman
e-mail
Setelah pengiriman pengguna alamat tujuan dan subjek e-mail,
Anda dapat menerapkannya untuk melakukan pengiriman e-mail. anda ddapat
melakukan pengiriman e-mail dengan langkah sebagai berikut.
·
Masuk kea kun e-mail Anda, pada contoh ini
adalah akun e-mail di Yahoo! Mail.
·
Klik list box New.
·
Klik Email Messege, maka akan ditampilkan
kotak alamat e-mail dan lembar
edition untuk menuliskan isi surat
·
Isi alamat tujuan pada kotak To.
·
Isi kotak Subject dengan judul e-mail.
·
Isi CC (Carbon
Copy) dan BCC (Blind Carbon Copy).
Untuk memunculkan BCC, klik Show BCC.
Keterangan : CC sebagai salinan e-mail yang
diisi dengan beberapa alamat e-mail tujuan yang lain dan penerima e-mail dapat
mengetahui kepada siapa saja e-mail tersebut dikirim. BCC diisi dengan alamat
e-mail tujuan yang lain dan penerima e-mail tidak akan mengetahui kepada siapa
saj e-mail tersebut dikirim.
·
Kemudian, ketik isi surat pada kotak editor.
·
Klik tombol Send untuk pengirimkan e-mail
tersebut. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman konfirmasi pengiriman
e-mail Anda seperti tampilan berikut.
·
Klik tombol OK.
3.
Attachment
file dalam e-mail
Fasilitas attachment digunakan untuk mengirimkan sebuah
file. Attachment sama seperti lampiran dalam sebuah surat. File yang dikirim
tersebut dapat ditampilkan dari computer Anda atau media penyimpanan lain,
seperti flash disk. Fasilitas ini sangat memudahkan dan menghemat waktu dalam
menulis e-mail. kita tidak perlu mengetik kembali file berupa dokumen yangt
akan kita kirim. Attachment dapat pula berupa file gambar atau foto. Cara untuk
melakukan attachment file adalah sebagai berikut.
·
Klik tombol Attach.
·
Kemudian, tampil kota dialog Select
Files/Folders.
·
Pilih file atau folder yang akan dijadikan
lampiran. Anda dapat memilih beberapa file sekaligus dengan cara menekan tombol
Shift + anak panah pada Keyboard.
·
Klik tombol Select atau Open, maka akan
ditampilkan file atau folder yang sebelumnya dipilih di bawah lembar editor
e-mail.
·
Klik tombol Send.(kirim)
C. Membaca E-Mail Dan Download Attachment File
Pada Yahoo! Mail, surat-surat yang masuk akan menempati
kotak masuk (inbox). Pada inbox ditunjukkan pula jumlah e-mail yang masuk. Pada
halaman utama juga ditampilkan jumlah surat masuk yang belum And abaca (unread message), e-mail dalam inbox,
e-mail sampah (spam), dan e-mail yang
dihapus (Trash).
Sebelum membaca surat, harap berhati-hati terhadap e-mail
yang berisi lampiran. E-mail yang berisi lampiran dan tidak pernah Anda minta
sebelumnya, perlu diwaspadai. Bias saja lampiran yang dikirmkan tersebut virus
computer. Anda pasti terlebih dahulu mengirimnya dan apakah ada hubungannya
dengan Anda.
1.
Membaca
e-mail
·
Aktifkan Yahoo! Mail Anda. Pada tampilan
halaman e-mail Anda terdapat inbox, Draft, e-mail yang sudah dikirim (Sent),
Spam, Dan Tresh.
·
Untuk melihat e-mail yang masuk, klik inbox,
maka akan ditampilkan e-mail yang terdapat dalam inbox.
·
Klik judul e-mail pada kolom Subject, tunggu
bheberapa saat hingga isi e-mail ditampilkan di bagian bawah daftar e-mail.
2.
Download
attachment dan memindahkannya ke media lain
e-mail yang berisi attachment file sebaiknya di-download
dan dipindahkan ke media lain, seperti flash disk atau hard disk. Hal ini
dimaksudkan untuk mencegah penyimpanan data berkapasitas besar di dalam Inbox.
E-mail dengan attachment file pada judul, seperti tampak pada gambar berikut
ini.
Berikut ini
langkah-langkah untuk melakukan download attachment.
·
Buka surat yang terdapat attachment.
·
Klik nama file lampiran yang terdapat pada
tampilan isi e-mail, maka akan ditampilkan kotak konfirmasi Download
Attachment.
·
Klik tombol Download Attachment, maka akan
ditampilkan kotak dialog Opening.
·
Klik opsi Save File.
·
Klik tombol OK, maka akan ditampilkan kotak
dialog Save File.
·
Tentukan folder tempat penyimpanan file
tersebut.
·
Isi nama file kotak File name, kemudian akan dilakukan
proses download file yang ditampilkan pada jendela Downloads.
·
Setelah proses download selesai, Anda dapat
membuka file tersebut dengan cara mengklik dua kali file tersebut atau klik
kanan pada file lalu klik Open.
D. Reply dan forward
Reply dan Forward merupakan dua istliah yang cukup
popular dalam e-mail. reply merupakan
fasilitas untuk membalas e-mail yang dikirimkan ke alamat e-mail kita sehingga
alamat tujuan otomatis sudah ada da nisi e-mail yang sebelumnya dikirim ke kita
dapat disertakan kembali. Forward
merupakan fasilitas untuk meneruskan e-mail yang dikirimkan kepada kita ke
aloamat e-mail lain. Fasilitas tersebut akan memudahkan dan menghemat waktu
kita.
1.
Langkah
untuk melakukan reply
·
Buka e-mail yang terdapat dalam inbox.
·
Klik tombol Reply, maka akan tampil halaman
reply surat seperti gambar berikut.
Gambar 4.20 halaman 126. Halaman reply
·
Ketik e-mail balasan pada kotak dialog editor.
·
Klik Attach jika ada file yang ingin
dilampirkan.
·
Klik tombol Send, maka akan dilakukan proses
pengiriman e-mail balasan.
·
Klik tombol OK.
2.
Langkah
untuk melakukan forward
·
Buka e-mail yang terdapat dalam inbox.
·
Klik tombol Forward, maka akan tampil halaman
forward surat seperti gambar berikut.
Gambar 4.21 halaman 127. Halaman forware
·
Isi alamat e-mail tujuan pada kotak To.
·
Klik tombol Send.
E. Spam
e-mail spam disebut juga junk e-mail, bulk e-mail, atauy
e-mail sampah. E-mail spam dikirimkan secara massal yang isinya tentang promosi
suatu produk atau jasa. Ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis di
internet. E-mail promosi yang dianggap spam, pada Yahoo! Mail akan ditempatkan
pada folder spam. Untuk menghindari e-mail sampah, jangan memberikan atau
mendaftarkan e-mail Anda pada situs web yang meragukan. Bias jadi, situs-situs
yang Anda kunjungi secara tidak langsung ikut andil dalam pengiriman e-mail
spam ini.
E-mail spam berdasarkan target pengirimannya dibagi
menjadi dua, yaitu:
1. TDEM (Targetted Direct E-mail
Marketing), yaitu pengiriman e-mail kepada target tertentu yang dianggap
memiliki minat terhadap produk yang ditawarkan.
2. UCE (Unsolicited Commercial E-mail),
yaitu pengiriman e-mail kepada siapa saja secara acak tanpa batasan apa pun.
F. PENGOLAHAN E-MAIL
Sama halnya dengan kotak surat,
terkadang e-mail juga mengalami ketidakaturan. Buikan halnya yang tidak mungkin
jika alamat e-mail dikirim oleh orang yang tidak diharapkan sehingga kotak
masuk e-mail kita cepat penuh. Kita dapat mengolah e-mail dengan cara menghapus
atau memindahkan e-mail yang masuk ke dalam folder khusus, sesuai kategori yang
kita inginkan. E-mail yang sudah penuh dan melewati batas memory menyebabkan
sulitnya e-mail yang masuk ke kotak spam. E-mail pada kotak spam dapat And
abaca, dan sebaiknya segera dihapus atau dipindahkan ke dalam salah satu folder
e-mail setelah dibaca.
A. Menghapus e-mail
·
Klik kotak di depan e-mail yang akan dihapus
hingga muncul tanda centang.
Gambar 4.22 halaman 130. E-mail yang akan
dihapus diklik terlebih dahulu
·
Klik tombol Delet.
B. Membatalkan penghapusan e-mail
Pada beberapa situs web penyedia e-mail, ada fasilitas
untuk mengembalikan atau membatalkan e-mail yang telah dihapus. Ada
kemungkinan, Anda menghapus surat yang penting tanpa sengaja. Anda tidak perlu
khawatir, e-mail yang Anda hapus akan menempati folder Trash. Daam folder
tersebut terdapat link Empty. Jika link Empty Anda klik, surat yang telah
dihapus tidak dapat dikembalikan lagi. Anda harus berhati-hati terhadap link
Empaty ini.
Untuk mengembalikan e-mail yang telah dihapus atau membatalkan
penghapusan e-mail dpat dilakukan dengan cara berikut.
·
Masuk ke akun Yahoo! Mail Anda.
·
Klik folder Trash, tunggu beberapa saat
hingga ditampilkan e-mail dalam Trash.
·
Klik kotak di depan e-mail yang akan
dikembalikan atau dibatalkan penghapusannya sehingga muncul tanda centang (P)
·
Klik tombol Move.
·
Klik folder inbox folder lainya tempat e-mail
tadi akan diletakkan.
C. Membuat folder
e-mail yang masuk jenisnya beragam, ada yang bersifat
biasa dan ada yang penting. Anda dapat mengelompokkan e-mail tersebut
berdasarkan surat pribadi dan surat umum. Agar e-mail tersusun dengan rapid an
memudahkan dalam pencariannya, Anda dapat membuat folder berdasarkan jenisnya.
Dari beberapa situs web penyedia e-mail, ada fasilitas membuat folder. Berikut
ini langkah untuk membuat folder pada mail.yahoo.com.
·
Masuk kea kun e-mail Yahoo! Anda.
·
Klik link Add pada bagian Folders, maka akan
ditampilkan kotak folder baru tanpa judul (untitled)
·
Klik nama folder tersebut, misalnya surat
Teman.
·
Tekan tombol Enter pada Keyboard.
D. Memindahkan e-mail ke folder tertentu
Untuk memudahkan dalam pengarsipan e-mail penting, Anda
dapat memindahkan e-mail dalam inbox ke folder yang telah Anda buat. Berikut
ini langkah-langkah untuk memindahkan e-mail ke folder tertentu.
·
Buka Inbox.
·
Beri tanda centang (P)
pada e-mail yang akan dipindahkan.
·
Pilih folder tempat e-mail tersebut akan dipindahkan,
misalnya folder Tugas TIK.
Gambar 4.26 halaman 131. E-mail dipindahkan
ke folder Tugas tik
sumber :Buku paket SMA kls XI penerbit : Erlangga dan Yudhistira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar