BLOG INI MERUPAKAN SARANA PEMBELAJARAN SMA BULUKUMBA

Rabu, 27 Mei 2015

TIPS


Cara Mudah mengatasi Wifi di HP Android yang sering putus nyambung

Berikut yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan wifi android yang sering putus nyambung :

1. Periksa Pengaturan wifi di hp android anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika wifi di hp android anda sering putus nyambung adalah mengecek kembali pengaturan wifi hp android anda.
Tujuannya untuk memastikan bahwa wifi akan selalu dalam keadaan On terus walaupun hp android anda dalam keadaan sleep / tertidur.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Masuk ke pengaturan / settings
b. Pilih Opsi Wifi
c. Pilih setelan lanjutan > advanced option, di beberapa perangkat mungkin penyajiannya sedikit berbeda.
d. Lalu pada opsi Wi-fi aktif saat tidur, pastikan memilih opsi always / selalu,

Dengan pengaturan di atas wifi anda akan selalu dalam keadaan aktif walaupun hp android anda dalam keadaan tertidur.
Pengaturan di atas sangat cocok sekali untuk anda yang sering mengalami kendala wifi tiba-tiba mati ketika hp android anda tidak digunakan atau layar hp dalam keadaan sleep atau tertidur.

2. Pastikan jaringan wifi yang diterima sinyalnya bagus.

Yang kedua yang harus anda lakukan adalah memeriksa bahwa jaringan dari wifi yang dapat diterima oleh hp android anda dalam keadaan bagus.

Untuk memastikannya anda bisa melihat bar wifi, dan pastikan setidaknya terdapat minimal 3 bar. tapi anda harus tau ada juga kasus walaupun bar penuh belum tentu kecepatan jaringannya juga baik, terkadang kecepatan jaringannya rendah, dan ini yang menyebabkan wifi anda sering putus nyambung.

Oleh karena itu untuk memastikan bahwa jaringan wifi bagus selain melihat bar wifi, anda juga bisa menampilkan nilai kecepatan transfer data yang diterima dari wifi.

Langkah-langkah untuk menampilkan kecepatan koneksi wifi adalah sebagai berikut:
a. Masuk kemenu setelan / settings
b. Pada halaman setelah pilih menu Notifikasi dan Bar status
c.  Lalu pada halaman notifikasi dan bar status, silahkan anda aktifkan opsi Tampil keceptan koneksi / show connection speed.

Dengan mengaktifkan tampilkan keceptan koneksi, maka pada header panel hp android anda, selain anda bisa melihat indikator dalam bentuk bar, anda juga dapat melihat keceptan koneksi, ini dapat anda gunakan sebagai acuan ketika koneksi wifi anda tiba-tiba terputus, lihat saja keceptan koneksinya, mungkin yang menyebabkan koneksi wifi terputus dkarenakan keceptan koneksinya sangat lambat.

3. Restart HP android anda.

Jika wifi masih tetap putus nyambung sementara koneksi juga bagus, maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan restart hp android anda, silahkan lakukan restart pada hp android anda lalu koneksikan ulang.

4. Lakukan update sistem jika sudah tersedia

Jangan lupa untuk melakukan update sistem jika sudah tersedia, koneksi wifi jika anda sering mengalami putus nyambung kemungkinan besar adanya bug pada hp android anda, maka untuk mengatasi bug salah satunya dengan melakukan update sistem.

5. Pastikan anda mematikan aplikasi lain yang sudah berjalan

Permasalahan jaringan wifi yang sering putus nyambung bisa juga disebabkan oleh aplikasi yang sedang anda jalankan, bisa jadi jaringan wifi terganggu dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang mungkin sedang anda jalankan, oleh sebab itu tips untuk mengatasinya anda bisa coba menonaktifkan aplikasi yang sedang berjalan, lalu amati jaringan wifi anda.

Putus nyambungnya jaringan wifi pada umumnya disebabkan oleh jaringan yang sinyalnya lemah, jika bukan karen pengaturan yang kurang tepat bisa jadi penyebab lainnya adalah karena hardware wifi anda bermasalah, namun anda sebaiknya tidak langung menilai hardware bermasalah, sebaiknya anda coba gunakan jaringan wifi berbeda, jika di jaringan wifi lainnya berjalan, itu artinya permasalahan terdapat pada jaringan wifi yang pada saat itu anda gunakan.

Demikian artikel sederhana tentang bagaiaman cara Mengatasi Masalah Wifi di HP Android yang sering putus nyambung, semoga bermanfaat. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar